Pages

Rabu, 25 Juli 2012

Membuat Gongso Daging ngga pake resep

gongso daging ga pakek esep Satu setengah tahun sudah tinggal di semarang. Berkeliling kota menikmati kuliner khas setempat. Mulai dari aneka Penyet, Gongso, nasi gandul, soto, dst..
Sempat juga mikir, gongso apaan yak? yang terpikir pertama adalah GOSONG..--a hahaha. Kedai gongso khas semarang pertama saya coba didaerah UNNES Sekaran, saya lupa namanya apa, cm itu tu, samping rumah makan Mas Pur 4 yang baru.

Pertama datang, pesen Gongso... ditanya sama masnya...Gongso apa mas? *berpikir macamnya ada apa aja sih?*. Dengan sok taw jawab.. "gongso Daging ada?". dijawab.. "ada, daging sapi".
Boleh teh test gongso daging. (pas saya liat spanduk baru sadar, ada gongso sapi, gongso ayam, gongso telur..LOL.. soo lame).

Ga lama kemudian, pesanan gongso datang lengkap dengan Nasi bertabur bawang goreng dan Semangkuk Gongso Daging. Dilihat dari penampakanya saya teringat rawon karena berwarna hitam, cuma ini hitam karena banyak kecap. Irisan kol, cabe setan, paprika merah hijau, dan daging sapi potong kotak.
Sruput dikit kuahnya, teringat aroma Tongseng Khas Jakarta dengan cita rasa pedas, namun tercampur kecap. Memang kecap mempunyai rasa yang dominan ketika ditambahkan kedalam makanan. overall, saya suka dengan jenis masakan ini, Kuahnya cocok dan memiliki rasa yang kuat.

Penasaran dengan Gongso daging, dirumah iseng2x coba bikin gongso sendiri berdasarkan pengalaman si Lidah.. hahaha (trial error gongso berdasarkan rasa yang kurasa.. ceileee).
Bahan-bahan yang saya siapkan waktu itu adalah
- 1/2 siung bawang bombay
- 1 siung bawang putih
- 1/8 bulatan kol putih
- cabe rawit iris secukupnya
- Daging ayam yang sudah direbus dan digoreng.
- telur (iseng pengen berbeda).
- garam, penyedap, merica
- 1 sachet bumbu teriyaki instan (ini jg cm biar dapet rasa jahenya).
- kecap secukupnya..

Langkah-Langkah membuat gongso daging
- tumis bawang bombay dengan bawang putih hingga harum.
- masukan bumbu teriyaki instan.. tambahkan air secukupnya (tergantung jumlah daging).
- masukan cabe rawit, kol, dan daging.. masak hingga mendidih
- tambahkan garam, penyedap, dan merica. dan jangan lupa kecap sesuai selera.
- ketika mendidih, masukan telur dan langsung aduk sehingga telur tercampur rata.

*tujuan saya menggunakan telur adalah membuat kuahnya kental dan gurih tanpa menggunakan maizena. (karena di gongso yang saya makan, saya merasakan kekentalan karena tambahan maizena).

lanjutkan hingga gongso daging masak, dan sajikan...

Mohon maaf kalau takaran penyedap tidak dituliskan, karena saya adalah tipe pemasak asal cemplung.. hehee. namanya juga membuat gongso daging ngga pakek resep.. ^^V

Selamat mencoba
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar