Pages

Minggu, 15 Juli 2012

Membuat kue kacang ngga pakek resep [lagi]

kue kacang tanah tanpa resep Puasa... Puasa.. sebentar lagi puasa.. Lebaran.. Lebaran.. dilanjutin dengan lebaran.
Ga terasa sekarang sudah bulan syaban, dikit lagi bulan ramadhan, dilanjut bulan syawal. Biasanya sih, ketika menyambut iedul fitri kita buat berbagai macam kue. Ada kue kacang, kue bolu, kue nastar, cimpring, dll tergantung daerah masing2x.
Dalam rangka latihan membuat kue kacang buat nanti lebara, iseng-iseng bikin kue kacang berdasarkan logika aja.. hehehe.

Yang namanya kue kacang, tentu saja bahan utamanya adalah kacang. tapi kacang tanah ya, bukan kacang hijau, kacang koro, apalagi kacang panjang. Pertama-tama saya sangrai kacang tanah hingga terpisah kulitnya, atau bisa juga membeli kacang tanah yang sudah terkupas. Setelah matang, kacang tanah ditumbuk dengan cobek.. bisa juga dengan blender, namun saya takut terlalu halus, dan menguap seperti debu.. qkkqkq.

Camputkan kacang tanah yang halus dengan tepung terigu, gula halus, dan garam. aduk rata sambil ditambahkan air hingga adonan kalis. ambil sejumput adonan, pipihkan dan letakkan di panggangan.
Setelah itu diolesi margarin, kuning telur dan taburi sedikit tumbukan kacang.

Masukan ke dalam oven dan tunggu hingga matang. ingat untuk selalu memeriksa tingkat panas dan kematangan kue, dan kalau bisa gunakan oven dual heat (bawah pakek kompor, atas pakek areng), kalo punya microwave malah lebih bagus lagi.. hehehe.

berikut adalah jumlah bahan yang diiperlukan untuk membuat kue kacang
200 gram kacang tanah kupas, disangrai, dinginkan
200 gram tepung terigu protein sedang
75 gram gula tepung
1/8 sendok teh garam
125 ml minyak goreng
1 kuning telur untuk olesan

selamat membuat kue kacang dan menyambut ramadhan 2012... ^^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar