Pages

Sabtu, 07 April 2012

Tamasya ke Pantai Bandengan Jepara Kota Ukir (6 April 2012)

Target Destination kali ini adalah Jepara Kota Ukir, lebih spesifik lagi adalah Pantai Bandengan dan Pantai Kartini yang terletak di Jepara. Another friday, dan lagi lagi... another long weekend.. setelah seminggu sebelumnya menikmati long weekend dirumah saja, kalo ini kita sudah rencanakan untuk melakukan tamasya yang agak sedikit jauh.. hahaha
Setahun sudah tinggal di semarang, dan daerah yang dikunjungi ya itu itu saja maka kali ini mao mencoba apa @shafa raihana bisa diajak momotoran ke daerah yang sedikit jauh?. Persiapan ke Jepara dimulai dengan googling mengenai tujuan utama kita, yaitu Pantai Bandengan Jepara yang katanya merupakan salah satu pantai Indah di daerah Pantai Utara Jawa (seperti kita tahu, pantau utara jawa tidak terlalu bagus dibandingkan pantai2x di selatan Jawa). Hasil nanya si mbah googling malah nyemplung ke Kaskus lagi. memang agak sulit untuk menemukan resensi maupun preview tentang kota Jepara baik itu dari destinasi wisata, akses jalan, maupun akomodasi. Karena pengalaman saya googling yang ketemu itu itu lagi, dan copas sana copas sini.

Nah setelah nyemplung ke Regional Jepara di kaskus.us dan nanya2x disitu, akhirnya ada sedikit pencerahan dari agan @gedangoreng , @wahnjik, @ganaspati dan para kaskuser regional Jepara lainnya. Semua informasi di rangkum dan dibuat itinerary menuju jepara dalam short trip pertama keluar kota semarang menggunakan motoris. ^^V...

Jumat 6 April 2012, setelah selesai shalat jum'at kami langsung menuju Jepara bermodalkan arah yang diberikan oleh Android Maps di Motorola Xoom. Tujuan akhir Kota Jepara dengan CP agan @gedangoreng. Perjalanan dari rumah di daerah Universitas Negeri Semarang menuju checkpoint 1 di Jalan Kaligawe (Pantura Semarang-Demak) dilalui tanpa hambatan. Perjalanan dilanjutkan menuju checkpoint 2 di Masjid Agung Demak. Melewati Demak Kota Para Wali harus mampir di Masjid Agung Demak. Perjalanan Semarang Demak sekitar 1-1,5jam.



shafa di masjid demak

Setelah dirasa cukup beristirahat dan putu-putu, perjalanan dilanjutkan. Keluar dari Demak sekitar 4km kita ambil jalan ke kiri menuju Jepara, berikut adalah nama daerah/kecamatan yang kami lalui yaitu welahan, pecangaan, hingga sampai di kota Jepara. Perjalanan ini terasa agak melelahkan karena selain pertama kali menuju jepara juga karena banyaknya "harapan semu" yang terlihat disepanjang jalan.. hahaa.
mao tau "harapan semu" apa???
Harapan semunya adalah Gapura besar bertuliskan "Selamat Datang Di Jepara"...qkkqkqkq. setiap lihat itu plang besar, dan seneng aja dikit lagi sampe.. namun itu berlanjut sampai sekitar 20km berikutnya.. qkqkqkq. karena sebelum masuk kota Jepara kita harus melalui kota-kota kecamatan yang memang sudah masuk wilayah Jepara.. kqqkqkqk. (orang Jepara jangan ikut ketawa...kqkqkqk).

Pada pukul 16.00 sore kita "benar-benar tiba" di kota Jepara, dan langsung menuju hotel yang sudah kita persiapkan sebelumnya di bilangan Jalan Pemuda. Kita menginap di Hotel Kencana, untuk informasi saja hotel di Jepara ternyata mudah, murah dan banyak ditemukan. jadi bagi yang berminat ke Jepara dan menginap di kota ini jangan takut jika tidak menemukan hotel-hotel di googling. karena dari kelas homestay sampai bintang 3 kita liat banyak kok.

Istirahat ga pakek lama, karena kita mao mengejar sunset di Pantai Bandengan Jepara. Perjalanan dari Hotel Kencana ke Bandengan sekitar 12km (menurut odometer kawasaki Athlete yang setia menemani kami). Pantai Bandengan, pantai dengan hamparan pasir putih yang panjang dan ombak yang pada sore itu agak sedikit tinggi. Dengan biaya Rp.5000 perorang dah termasuk motor kita sudah bisa menikmati suasana pantai. Fasilitas yang ada di dalam kawasan pantai adalah dermaga (saya baru sadar kalau dermaga inilah spot untuk melihat real sunset, karena kalau dari bibir pantai sunset akan terhalang pepohonan), terdapat toilet dan tempat bilas, parkir motor, jejeran kuliner pantai, persewaan kano, balon air, banana boat, jetski dan perahu.

shafa di pantai bandengan jepara

pantai bandengan jepara

Ini adalah Pantai pertama @shafa raihana, saya kira dia akan kaget dengan jumlah air yang segitu banyak, hahaha.. ternyata baru dateng langsung anclup (red:nyebur dalam bahasa sunda), memang benar benar the real aquarius. Sore itu pantai bandengan tampak ramai, mungkin karena long weekend sehingga resort di tepi Pantai Bandengan tampak full. Padahal tarif yang tertera di internet itu paling murah adalah Rp.400.000++, tapi worth it lah stay dipinggir pantai berpasir putih yang jaraknya ga lebih dari 20meter. worth it untuk yang punya duit, kqkqk.. kalo kita bawa tenda nginep dipantai aja dah kalo boleh.. ahha.
Sayang ga ketemu turis Jepang, adanya turis dari Belande aje.. haha. ga bisa sambil babibu belajar bahasa jepang deh.
Btw, kita ketemu Antasari loh.. cekidot pic dibawah deh.. kqkkq.

palm beach resort bandengan





Satu point penting yang saya dapatkan dari Pengelola Pantai Bandengan adalah, setiap pengunjung diwajibkan memakai life Vest ketika menggunakan kano, perahu, balon air, dll walaupun hanya bermain di jarak kurang dari 20meter dari pantai. para Life Guard secara aktif mengingatkan pengunjung akan zona bahaya dan selalu standby di menara life guard mereka. so keamanan pengunjung menjadi prioritas disini.

Satu hal yang sempat disesalkan adalah kita tidak sempat nyebrang ke Pulau Panjang karena sudah terlalu sore.. hiks. Katanya si pulau tak berpenghuni ini lebih mantep kalo mao maen aer... but that's ok.. next time kita ke pulau panjang, skalian ke karimun jawa ah.. ^^V

Maghrib menjelang, saatnya mandi bilas dan kembali ke hotel untuk beristirahat. Tapi sebelum kembali ke hotel kita mampir dulu yuk cari makan. Karena bingung kalo tempat makan di Jepara itu dimana, so kita kontak Agan @gedangoreng untuk kopdar skalian nanya2x tentang Jepara...

sunset di dermaga bandengan

sunset di bandengan

Ikuti Kisah selanjutnya minggu depan pada hari dan channel yang sama... salam olahraga.. (kqkqkq). maksudnya di postingan selanjutnya, kalo disini semua, bisa mabok yang baca.. qkqkqk.
next artike... "Ocean Park Pantai Kartini di Jepara"

12 komentar:

  1. terima kasih dah mampir di Kota Kecil Kami ini, semoga dengan sedikitnya waktu untuk bertemu malah menjadi bahan kangenan untuk bisa bertemu lagi dilain waktu.

    salam dari Kaskuser Regional Jepara. Semoga tidak kapok untuk berkunjung lagi. dan maap jika sambutan dan ugo rampe nya agak (memang kurang).

    sekali terima kasih banyak.

    keep SAFETY RIDING dan LIGHT ON :)

    BalasHapus
  2. thanks agan @gedangoreng dah mampir disini. next time kite bertemu lagi.. hahah..

    Biar Cepat asal Selamat, let's the good times roll..

    BalasHapus
  3. Pantainya memang bagus gan, kalau ingin suasana pantai yang lebih alami coba datang aja ke daerah wonosari gunung kidul. Disana ada deretan pantai yang indah, coba ceck ini http://muda-bahagia.blogspot.com/2012/02/sadranan.html buat rekomendari liburan anda.

    BalasHapus
  4. tempat kelahiran ku memang indah dan eksotis. . .
    sekali ke sana jadi pengen ke sana terus. . . :)

    BalasHapus
  5. ada link buat liat peta dari arah semarang ke jepara khususnya pantai bandengan ndk? kalo ada minta dong

    BalasHapus
  6. Masih banyak tempat-tempat wisata yang ada di jepara, kasih jempol buat jepara tercinta :)

    BalasHapus
  7. Saya ada rencana perjalanan ke jepara tpi kalu dari Solo Jawatengah, gimana ya jalurnya( saya rencana pingin naik bus umum aja )

    BalasHapus
  8. kalau naik bis umum dari solo-jepara ada nda ya? kalau nda ada, berarti transit dulu di semarang, lanjut ke Jepara. dari semarang-jepara sekitar 2jam++.

    BalasHapus
  9. hihihiii...antasari look a like itu pakde saya lho... :D seriusan...

    salam kenal yaa...

    BalasHapus
  10. Help me
    Disamping palm beach kan ada hotel laen
    Ada yg punya no tlf nya?please dunx
    Mau liburan ke sana

    BalasHapus