Pages

Sabtu, 28 Juli 2012

Sayur Olahan Kulit Singkong (kadedemes) Ala Penjajahan Jepang

sayur kulit singkong kadedemes Halo, setelah membuat dan membahas artikel tentang kuliner standar tradisional, kali ini erisukolies mencoba berbagi pengalaman tentang satu sayur yang dulu pernah saya coba. Sayur yang sangat nyeleneh dari segi bahan yaitu Sayur Kulit Singkong (kadedemes), ya benar.. berbahan dasar kulit singkong.

Olahan Sayur kulit singkong (kadedemes) ini pertama kali dan terakhir kali saya coba ketika saya masih TK atau SD gitu. Ibu saya yang merasakan sulitnya hidup di jaman penjajahan Jepang dan DI/TII membuat sayur ini. Beliau mengatakan, ketika dahulu melakukan longmarch dengan pasukan Siliwangi setelah pembumihangusan kota Bandung, beliau kala itu bertugas membantu di dapur umum (ketika itu berumur 8-10 tahun.

Pada saat sulit makanan, ketika beras sulit ditemukan, ketika hanya ada Ketela dan jagung yang didapatkan, Para Prajurit membuat satu sayuran yang berasal dari Olahan Kulit Singkong. Ya pada saktu itu, ketika jagung dipreteli dan Singkong Rebus menjadi sumber karbohidrat, mereka juga mengolah Kulit Singkong menjadi sayur.

Kesan pertama yang saya rasakan ketika mencoba sayur itu adalah, hanya manis dan sedikit sepat dan bertekstur seperti gudeg nangka yogya. Manis berasal dari kecap, sepet karena mungkin masih tersisa getah di kulit singkong.

Setelah bertanya ke Ibu saya, apa aja si bahannya dulu untuk membuat sayur kulit singkong?

nah inilah bahannya (Original Resep) :
- Kulit singkong yang sudah dibersihkan
- bawang merah bawang putih (takaran ga jelas, sesuai pengalaman saja)
- garam
- kecap

Bahan tambahan (saya sendiri)
- Saus Teriyaki
- Penyedap Rasa

Cara membuat Sayur Kulit Singkong (kadedemes) :
- Kulit singkong di iris tipis2x seperti korek api, rendam dalam larutan garam+kapur sirih (jika ada) selama 1 jam
- tiriskan dan bersihkan dengan air mengalir.
- iris bawang merah dan putih, lalu tumis hingga harum
- masukan kuling singkong iris, saus teriyaki, dan penyedap rasa. Tambahkan Air secukupnya (jangan terlalu banyak)
- Diamkan dan tunggu sampai kulit singkong masak
- tambahkan kecap sesuai selera untuk menutup rasa.
- angkat dan hidangkan.

Kuliner tradisional Warisan Pasukan Siliwangi Jaman Penjajahan Jepang telah siap, Sayur Kulit Singkong.. selamat mencoba teksturnya.

TIPS : dalam setiap masakan yang memakai kecap, masukan kecap pada bagian akhir proses, karena kecap memiliki sense rasa yang kuat yang mampu menyelimuti semua rasa yang ada sebelumnya. Selain itu juga untuk mencegah kecap gosong/overcook.

PS : Sayur Kulit Singkong atau Kadedemes memiliki banyak varian dan jenis. Yang saya tuliskan disini adalah resep yang digunakan para Tentara Siliwangi yang hijrah dari Jawa Barat pada jaman Jepang. bisa dilihat dari bahan2x yang teramat sederhana. Selamat mencoba.. ^^V

1 komentar: