Pages

Minggu, 13 Februari 2011

[OOT] Tentang Originalitas ARTAV Antivirus

Membaca judul posting, mungkin kalian orang awam maupun orang IT sudah mengerti maksudnya apa.
Originalitas? Keaslian? apakah ARTAV benar benar asli karya seorang anak SMP 13 tahun??
wah ini akan menjadi perdebatan panjang, apalagi masalah ini sudah terlalu di bombastiskan oleh media media lebay diluar sana. ok back to topik..

sekarang banyak thread, posting di blog2x yang membahas keaslian source code ARTAV. apakah benar dia ngoding sendiri atau hanya "mengembangkan" source code yang sudah ada?
hal ini sepertinya sudah terjawab dengan membaca blog ini , blog itu, blog2x laiinya maupun thread kaskus ini. disitu terlihat jelas Arrival hanya mengambil sebagian source code dan mengembangkannya.
nah yang jadi masalah sekarang, apakah itu melanggar copyrighted? bisa jadi perdebatan yang tidak akan berakhir sepertinya, karena yang saya dengar dia hanya selalu bilang "Ya saya yang buat Artav bersama kaka saya" beliau nda pernah bilang "ya saya ngoding itu artav dari NOL dengan VB" (atau mungkin ada yang punya sumber beritanya silahkan posting aja buat berbagi).

sebelum perdebatan ini menjalar jauh, seharusnya yang pertama ditanyakan adalah pembuat source code asli yaitu Mas Al, cm ternyata orang2x sudah ribut duluan masalah plagiarism, copaster, dll.. tanpa minta pendapat author asli. berikut adalah kutipan mas Al mengenai masalah ini yang dapat dilihat di blog ini
PESAN : Saya menghargai Artav karna sudah susah membuat GUI yg indah dan menambah kan 500++ virus data base :)
maju terus karya indonesia .

sebenarnya sebelum hal ini menjadi pembicaraan publik, hal ini pun telah dipertanyakan di forum nyit-nyit.net semenjak tahun lalu, dimana arrival menjadi member level4 disana.
berikut adalah quote Dono admin nyit-nyit.net
jauh sebelum beliau terkenal dan masuk TV masalah ini sudah di protest beberapa member langsung termasuk releasenya atv oleh crossbone pada http://www.nyit-nyit...7-n3-atv-guard/ sebagai perbandingan kasus pada awal2 releasenya nyit-nyit antivirus yang punya kemiripan dengan artav sendiri... tapi waktu itu saya sudan introgasi 20 jari dengan arrival88.. dan hasilnya saya masih bisa toleransi.. (2 hari saya turunkan dia dari level 4 demi kejelasan dan semua releasenya saya disapproved sebelum ada kejelasan tersebut)

 inti dari klarifikasi dan penilaian akhir dari Dono (dan mungkin semua orang yang membaca dan mengerti ini adalah)
dengan umurnya yang 13 tahun dia sudah mampu mengedit sendiri source code, walau bukan ngoding dari scrap setidaknya itu adalah kemampuan yang diatas umurnya. terlepas dari masalah copyrighted dan lain lain, dia sudah menunjukkan kemampuan lebihnya... (setuju??? jika kalian baca source codenya, mampukah kalian edit itu script??)

Akhir kata dari saya, Arrival cuma korban dari publisitas tivi dan ahli ahli IT dan telematika (katanya), yang keburu merasa bangga hingga mengaburkan kata "menciptakan" dengan "mengembangkan" yang dalam dunia cyber sangat berbeda. seharusnya para ahli IT itu sendiri bisa mengerti bahwa ARTAV, Salingsapa.com semua adalah "mengembangkan".. belum lagi sampai ke menteri pun "kecele" dengan memberikan pengurusan Patent Pending (mngkin hanya patent merek saja, bukan patent produk, karena kalau patent produk ga akan isa, soalnya itu bukan produk asli 100%)

satu hal yang harus kita banggakan adalah, banyak anak anak Indonesia yang notabene dibawah umur sudah mampu melakukan sesuatu yangbahkan mahasiswa dan "ahli2x IT" belum tentu bisa.
kemampuan, dedikasi, dan keinginan belajar mereka harus terus didukung dan bukan di caci maki karena masalah copyrighted.

 Maju terus anak anak Indonesia.... ^^V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar