Pages

Kamis, 15 September 2011

Tutorial Membuat Presentasi Pembelajaran Kanji Interaktif di Powerpoint

fiiuhh.... untuk semester ini Saya mendapat bagian untuk mengajar lagi mata kuliah Kanji sama seperti semester lalu.

Hampir semua orang yang belajar bahasa Jepang berpendapat bahwa bahasa Jepang itu sulit dipelajari, karena memiliki huruf tersendiri, yaitu kanji, hiragana, katakana dan romaji. Masing-masing huruf memiliki kekhasan tersendiri baik cara penulisan maupun cara membacanya. Akibat hal tersebut, tidak sedikit orang yang belajar bahasa Jepang tanpa ingin belajar hurufnya.

Satu diantara huruf yang cukup menarik dan dianggap rumit oleh beberapa pembelajar bahasa Jepang adalah huruf kanji. Kanji adalah huruf Cina yang digunakan dalam bahasa Jepang. Jumlah huruf kanji sangat banyak, menurut Ishida (Sudjianto dan Dahidi, 2007: 57) “Di dalam Daikanwa Jiten yang merupakan kamus terbesar yang disusun oleh Jepang kurang lebih terdapat 50.000 huruf kanji.” Namun oleh Departemen Pendidikan Jepang pada tanggal 1 Oktober 1981 daftar Jooyo Kanji ditetapkan menjadi 1945 huruf kanji lengkap dengan cara baca on’ yomi dan kun’ yomi beserta contoh katanya (Sudjianto dan Dahidi, 2007: 58). Selain jumlah huruf yang sangat banyak huruf 1 kanji juga memiliki dua cara baca yaitu cara baca Cina (on’ yomi) dan cara baca Jepang (kun’ yomi).

Berlandaskan kepada sulitnya untuk belajar bahasa Jepang terutama terkait dengan pembelajaran Kanji, maka perlu dibuat suatu metode khusus untuk membuat pembelajaran Kanji menjadi lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan kualitas pembelajaran. Dalam hal ini Saya mencoba menggabungkan teknologi multimedia yang sekarang sudah bukan barang mewah lagi, yaitu mencoba menggunakan komputer berbasis windows dengan aplikasi powerpoint sebagai media belajar kanji. pemilihan powerpoint karena aplikasi tersebut sudah pasti dimiliki semua pengguna komputer karena terintegrasi dengan MSOffice.

berikut adalah langkah2x yang Saya buat dalam menyusun satu file powerpoint yang berisi GIF Image sebagai bahan belajar Kanji.
  1.  Tentunya kita harus mengetahui dulu Kanji mana yang akan menjadi bahan pembelajaran kita, biasanya dengan silabus dasar maupun buku pegangan Dosen kita dapat melihat Kanji yang harus di transfer/diajarkan kepada Mahasiswa.
  2. Jika sudah ditentukan maka kita cari Kanji tersebut dalam bentuk GIF (paman Google banyak menyediakan linknya). Saya biasa mencari sumber Kanji dalam bentuk GIF di http://www.yosida.com/en/index_en.html lihat Kanji yang kita butuhkan dari situ, lalu copy paste ke dalam komputer kita sebagai bahan.
  3. Setelah mendapatkan GIF Image dari Kanji yang kita butuhkan sebenarnya pekerjaan kita sudah 75% selesai, karena GIF Image merupakan Inti dari metode Pembelajaran Kanji ini, karena GIF image adalah moving picture, maka disitu akan terlihat cara penulisan Kanji yang baik dan benar.
  4. buka aplikasi powerpoint for windows, lalu kembangkan kreatifitas kita dalam menyusun presentasi yang menarik dimana inti utamanya adalah GIF Image yang kita dapatkan. kita dapat menyusun background yang sesuai, musik yang sesuai, layout yang sesuai, dsb
  5. sekian, setelah kita selesai membuat presentasi dalam powerpoint maka bahan presentasi untuk Pembelajaran Kanji kita selesai..
Mohon maaf jika tutorial ini terkesan kurang lengkap karena tidak disertai gambar2x, untuk kedepannya Saya akan mencoba membuat gambar untuk lebih mudah dipahami dalam belajar menghafal kanji

Untuk melihat contoh File Pembelajaran Kanji yang Saya buat bisa dilihat dan didownload disini

2 komentar: