Pages

Rabu, 21 September 2011

Demam Anak Yang Bikin Waswas

Ketika anak kita demam, terkadang kita bingung gataw harus ngapain... apalagi ketika demam datang di waktu malam.. mau kasi obat, bingung obat apa (apalagi jika tidak ada persediaan obat dirumah), mao ke dokter.. ke dokter mana malam2x.. (kecuali dokter jaga di RS)..

Karena Demam adalah gangguan kesehatan yang sering dialami anakku Shafa Raihana, maka bertanyalah aku sama mbah google tentang demam. ternyata demam memiliki banyak penyebab, jadi sebelum memvonis bahwa demam itu karena tumbuh gigi, masuk angin, kecapean, bahkan sampe divonis dicolek makhluk gaib, sebaiknya kita mencari tahu dulu penyebabnya.

menurut literatur mbah google di sini bahwa penyebab demam pada anak dapat disebabkan oleh :
* Flu atau infeksi virus lain.
* Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
* Infeksi telinga
* Pneumonia
* Infeksi saluran pencernaan
* Infeksi Saluran Kemih (ISK), dan sebagainya.

Kalau untuk Shafa berdasarkan pengalaman sih obatnya untuk demam itu adalah :

Bawang dan Minyak Kletik (kelapa)
tentu saja ramuan alami jadi andalan utama, selain karena bawang merah dan minyak kelapa gampang tersedia dirumah. Membuatnya juga mudah untuk mengatasi deman pada anak yang muncul tiba tiba...

Parasetamol
Zat kimia yang terdapat di sebagian besar obat2xan Flu untuk anak, atau bisa juga dalam bentuk parasetamol tablet yang dosisnya disesuaikan dengan umur anak. merk dagangnya seperti Tempra

Metamizol Sodium
Ini dia obat andalan dan pilihan terakhir.. karena ini tergolong obat keras, maka pemakaiannya tidak boleh kontinue dan overdosis. merk dagang Metamizol Sodium dipasaran seperti Novalgin (lumayan mahal nih 43K untuk tipe drops 10ml). sebagai ilustrasi untuk anak 3 tahun itu hanya butuh 5-10 tetes saja pasti itu panas langsung drop. Ini adalah obat yang saya gunakan ketika panas meninggi dan sulit turut menggunakan kompress maupun bawang minyak.

Saya bukan Apoteker, apalagi Dokter. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saja, dan ga bermaksud promosi merk loh.. hehe.
Semoga saja artikel curhatan ini berguna ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar