Pages

Selasa, 24 Juli 2012

Membuat Kue Bolu Kurma Pisang Untuk Iedul Fitri

kue bolu kurma pisang Bingung bikin bolu jenis apalagi untuk menyambut iedul fitri? biasa cuma bikin bolu rasa coklat, susu, keju, pandan, dst yang itu itu aja?
Nah, untuk saat ini kenapa ga coba Membuat Bolu Kurma Pisang saja? bahannya termasuk mudah didapat karena pada bulan ramadhan pasti mudah ditemukan Buah Kurma, apalagi Pisang, tiap hari jg ada.

Buah Pisang kaya akan nutrisi, kandungan oksidannya termasuk sangat tinggi.khususnya betakaroten (vitamin A). Kandungan energi pada pisang instan sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Karbohidrat pada pisang adalah karbohidrat kompleks. Pisang juga mengandung vitamin B kompleks, C, dan E, asam folat, yodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, dan tryptophan.
Pisang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi sakit pra menstruasi, anti hipertensi, menjaga kesehatan jantung, anti anemia dll

Buah kurma juga sudah dikenal akan khasiatnya. Untuk lebih jelas, silahkan baca artikel Sejarah, Khasiat dan Hasil Olahan Kurma

Nah sekarang setelah mengetahui manfaat dari Buah Kurma dan Pisang, mari kita mencoba mengolahnya sebagai bahan baku pembuatan kue bolu.


Bahan2x yang dibutuhkan :
- 200 gr mentega/butter
- 200 gr gula bubuk
- 5 kuning telur
- 4 putih telur, kocok kaku menjadi mousse
- 3 bh pisang ambon matang, haluskan
- 225 gr tepung terigu
- 1 sdt baking powder
- block utk coating cake

Cara Membuat Bolu Kurma Pisang :
1. kocok gula dan mentega sampai lembut, usahakan mengocok dengan mixer selembut mungkin, semakin lembut maka akan semakin soft hasil bolu kita. jika kurang lembut maka akan sedikit padat hasilnya. (tips 1 : Tujuan dari mengaduk itu adalah menambahkan Oksigen kedalam adonan)

2. masukan kubning telur satu persatu hingga putih dan mengembang.

3. Masukan bergantian tepung terigu dan baking powder.

4. Masukan Putih telur dan aduk rata, dilanjutkan pisang dan irisan kurma.

5. persiapkan Loyang, lapisi dengan mentega+tepung. Panggang dengan api sedang kurang lebih 50 menit. (Tips : Jika menggunakan oven tradisional, usahakan menaruh bara arang panas dibagian atas oven. Niscaya adonan kue anda akan mengembang merata dan sempurna. Jika menggunakan oven modern microwave maupun listrik, tentunya hanya perlu menjaga suhu pemanggangan sekitar 150-180 derajat celcius)

Selamat mencoba membuat Bolu Kurma Pisang Untuk menyambut Iedul Fitri.. ^^V

Untuk menemani menyantap Bolu Kurma pisang, bisa juga ditambahkan yang gurih dan pedas seperti membuat Bakwan Jagung, kue bangket jahe  dan tentunya Gehu Pedas ala Hot Jeletot.

13 komentar: